Seminar Internasional 15 Tahun Tsunami

Kepala Bidang Kearsipan Sabri, TS, S.Pd mengwakili Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh untuk menghadiri acara Seminar Internasional, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang bekerja sama dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Pemerintah Aceh dengan tema Refleksi Arsip Tsunami Samudera Hindia sebagai Memory of the World pada Kamis, 5 Desember 2019 di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh. Seminar ini dilaksanakan dalam rangka peringatan peristiwa Tsunami Samudera Hindia yang terjadi tahun 2004, 15 tahun lalu.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan penandatangan kerja sama antara ANRI dengan Unsyiah dalam bidang riset kebencanaan dan penyelenggaran kearsipan di lingkungan perguruan tinggi. Selain itu juga kerja sama antara ANRI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  tentang Penanggulangan Bencana dan Kearsipan.

Seminar tersebut turut dihadiri oleh berbagai institusi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB),  staf ahli bidang Politik dan Hukum dan  kepala perpustakaan nasional Republik Indonesia. Pemateri dalam seminar yang dilaksanakan berasal dari dalam dan luar negeri yang diawali oleh Rektor Unsyiah, Samsul Rizal, selaku Keynote Speech. Dalam materinya, Samsul memaparkan bagaimana Peran Universitas dalam Pembentukan Pusat Dokumentasi dan Studi Bencana. ANRI juga mengajak Masyarakat untuk melestarikan Warisan Dokumenter guna memfasilitasi masyarakat agar kedepannya lebih cerdas dalam menanggapi bencana.

About DISPERSIP 133 Articles
MENJADIKAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA BANDA ACEH SEBAGAI PUSAT PENGETAHUAN DAN INFORMASI DALAM BINGKAI SYARIAH