DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN MELAKSANAKAN PENGUATAN LITERASI MELALUI KEGIATAN STORYTELLING TINGKAT SEKOLAH DASAR

Min 1 Banda Aceh terpilih untuk mewakili Kota Banda Aceh dalam kegiatan storytelling (lomba bercerita) ditingkat provinsi Aceh tahun 2020. Terpilihnya Min I Banda Aceh merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan oleh Tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh Melalui kabid Perpustaan Murthada, S.Sos, menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan storytelling ini adalah dalam rangka menumbuh kembangkan minat dan budaya baca ditingkat anak sekolah khususnya dikalangan siswa sekolah dasar, Murthada juga menyampaikan terpilihnya Min I Banda Aceh dalam ajang Lomba Bercerita Tingkat Provinsi Aceh akan menjadi motivasi kepada Sekolah-sekolah lainnya untuk membina dan mendampingi anak didiknya dalam mengembang literasi yang akhirnya nanti akan melahirkan anak-anak didik sebagai generasi penerus bangsa dimasa yang akan datang.

Untuk memantau kesiapan Min 1 Banda Aceh dalam Lomba Storytelling Tingkat Provinsi, Tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas, Skretaris, Kabid dan kasi, melaksanakan kunjungan ke Min 1 Banda Aceh dalam rangka berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk membahas kesiapan dan kendala yang dihadapi oleh MIN 1 Banda Aceh untuk mengikuti kegiatan storytelling ditingkat provinsi Aceh Tahun 2020.

Selain itu Kadis Perpustakaan dan Kearsipan juga memaparkan pentingnya literasi bagi siswa sekolah dasar karena semakin baik pendidikan di suatu daerah semakin baik pula kemampuan literasi di daerah tersebut. Literasi meliputi empat aspek kemampuan berbahasa yaitu membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Salah satu penunjang literasi yang paling umum adalah perpustakaan.

About DISPERSIP 86 Articles
MENJADIKAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA BANDA ACEH SEBAGAI PUSAT PENGETAHUAN DAN INFORMASI YANG GEMILANG DALAM BINGKAI SYARIAH