Dispersip Kota Banda Aceh Rapat Bidang Kearsipan Untuk Persiapan Sosialisasi Kearsipan Ke Gampong dan Kecamatan.

Banda Aceh, Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh melakukan Rapat persiapan kegiatan sosialisasi kearsipan ke Gampong dan Kecamatan dalam  wilayah Kota Banda Aceh yang dipimpin oleh Kepala Dinas.

Kegiatan sosialisasi kearsipan ini sesuai dengan aturan yang berlaku dengan mempedomani undang-undang nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan dimana Arsip merupakan sekumpulan data dalam bentuk berkas-berkas pada media kertas, papan, gambar, hingga media elektronik. Arsip ini dapat digunakan kembali untuk tujuan dan kepentingan misalnya untuk perencanaan pembagunan ataupun untuk peningkatan sarana dan prasarana di desa maupun di kota serta memudahkan masyarakat dalam pencarian data yg dibutuhkan hingga tertib Administrasi yang baik.

Mustafa Kamal selaku arsiparis dalam rapat tersebut menyatakan bahwa kecamatan yang dipilih untuk pelaksananan kegiatan Sosialisasi Kearsipan Tahun 2021 adalah Kecamatan Kuta Raja. Dalam Kegiatan sosialisasi nantinya akan hadir narasumber untuk memaparkan bagaimana pentingnya arsip dan tata pengolahannya yang benar dan baik sehingga arsip dapat digunakan kembali ketika dibutuhkan.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi akan semakin mengerti bagaimana cara mengelola dan menyimpan arsip dengan benar, sehingga bila suatu hari diperlukan akan mudah untuk mendapatkannya”. Kata Kepala Dinas

Alimsyah, S.Pd. MS mengharapkan Kegiatan Sosialisasi Pengarsipan ini berjalan dengan baik. Ada beberapa poin penekanan yang disampaikan dalam Rapat tersebut, antar lain terkait dengan pelaksanaan kegiatan sosialisasi kearsipan yang diharapkan dapat dikembangkan ke seluruh Desa dan Kecamatan Se Kota Banda Aceh dan menjadi tanggung jawab Dispersip Kota Banda Aceh selaku Lembaga Kearsipan Daerah Kota Banda Aceh untuk mewujudkan pengelolaan arsip yang andal dan pemanfaatanya seseuai dengan peraturan yang belaku yang dilakukan oleh OPD, Perusahaan, Organisasi, masyarakat, dan peorangan dilingkungan Pemerintah.

#dispersip

About DISPERSIP 86 Articles
MENJADIKAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA BANDA ACEH SEBAGAI PUSAT PENGETAHUAN DAN INFORMASI YANG GEMILANG DALAM BINGKAI SYARIAH