Kebangkitan Budaya Literasi Dimasa 4 Tahun Kepemimpinan Amin – Zainal

Dalam masa kepemimpinannya selama 4 tahun, telah banyak prestasi yang diperoleh oleh   pasangan yang memiliki Visi mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariat,  berbagai  program-program pro-rakyat yang dijanjikan saat kampanye telah banyak direalisasikan, diantaranya adalah yang tertuang dalam misi ke 2 yaitu “Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga”.

Dengan berbagai program-program strategis dan inovatif yang telah direalisasikan tersebut,  telah banyak  prestasi-prestasi yang diperoleh  baik tingkat provinsi maupun nasional.

Dalam rangka pengembangan budaya literasi kepada masyarakat Kota Banda Aceh baik melalui  Pelayanan Perpustakaan maupun Pengelolaan Kearsipan, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh telah banyak  melakukan berbagai terobosan dalam upaya mewujudkan Banda Aceh sebagai Barometer Kota Literasi di Provinsi Aceh.

Adapun prestasi-prestasi yang telah diperoleh Pemerintah Kota Banda Aceh selama 4 tahun dibawah kepemimpinan Amin-Zainal khususnya dalam bidang Perpustakaan dan Kearsipan diantaranya adalah :

A.  Bidang Perpustakaan :

  1.  Juara 1 Nasional Lomba Pustakawan terbaik tingkat SMP Tahun 2018
  2.  Juara 1 Pustakawan Terbaik Tingkat SMA Se Provinsi Aceh Tahun 2018
  3.  Juara Harapan 1 Storytelling Siswa Tingkat SD/MI Se Provinsi Aceh Tahun 2018
  4.  Juara Harapan Pengelola Perpustakaan Gampong Se Provinsi Aceh Tahun 2018
  5.  Melaksanakan kegiatan literasi ekonomi syariah bekerjasama dengan Bank Indonesia Provinsi Aceh menghadirkan narasumber Nasional di Masjid Lambhuk, Masjid Baitul Makmur, dan Masjid Baitul Musyahadah
  6.  Juara 2 Lomba Bercerita Siswa Tingkat SD/MI Se Provinsi Aceh Tahun 2019
  7.  Juara Umum Lomba Literasi se Provinsi Aceh Tahun 2020
  8.  Juara 1 Story Telling Siswa Tingkat SD/MI se Provinsi Aceh Tahun 2020
  9.  Juara Harapan 1 Lomba Pustaka Gampong se Provinsi Aceh Tahun 2020
  10.  Juara 2 Perpustakaan sekolah Tingkat SMA/MA se Provinsi Aceh Tahun 2020
  11.  Juara 2 Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SMA/MA Se Provinsi Aceh Tahun 2021
  12.  Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah representatif bernuansa modern dan kearifan lokal Tahun anggaran 2021 dalam rangka mendukung meningkatnya minat dan budaya baca kepada masyarakat Kota Banda Aceh
  13.  Peningkatan budaya baca dikalangan masyarakat melalui penyediaan pojok baca pada tempat-tempat pelayanan publik.

B.   Bidang kearsipan :

  1.  Terlaksananya pembinaan kearsipan pada OPD di lingkungan pemerintah kota Banda Aceh tahun 2019.
  2.  Tersedianya informasi arsip yang autentik melalui Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN} dan jaringan informasi kearsipan nasional (JIKN) tahun 2020.

Dalam Mengusung visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah, Aminullah dan Zainal Arifin seakan tidak kehabisan ide-ide kreatif dan inovatif serta berbagai terobosan dalam Pengembangan Budaya Literasi kepada masyarakat diwilayah Kota Banda Aceh.

Tentunya dengan ide-ide cemerlang pasangan Gemilang Amin Zainal, bukan tidak mungkin dimasa yang akan datang akan mendapatkan berbagai prestasi dan kemajuan lainnya dibidang pelayanan perpustakaan maupun pengelolaan kearsipan untuk terwujudnya Kota Banda Aceh yang semakin Gemilang Dalam Bingkai Syariah.(AS)

 

About DISPERSIP 133 Articles
MENJADIKAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA BANDA ACEH SEBAGAI PUSAT PENGETAHUAN DAN INFORMASI DALAM BINGKAI SYARIAH