Dispersip Berharap IPI Kota Banda Aceh Menjadi Mitra Strategis Pemerintah Kota

Banda Aceh – Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Banda Aceh, Muhammad Rizal, S.STP, M.Si mendukung penuh kehadiran Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Kota Banda Aceh dan berharap dapat meningkatkan kemampuan dan kesadaran literasi masyarakat di Kota Gemilang.

“Semoga IPI Kota Banda Aceh dapat membangun sinergitas dengan Pemerintah Kota Banda Aceh terutama dengan Dispersip Banda Aceh dalam menjadikan kota ini sebagai kota yang sadar literasi,” kata Muhammad Rizal, Selasa (11/1/2022).

Hadirnya PD IPI Kota Banda Aceh dan PD IPI pertama di Provinsi Aceh tentunya mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, S.E, Ak, MM yang juga sebagai Tokoh Pelopor Literasi.

Ia mengingatkan bahwa pustakawan juga sebagai salah satu komponen utama di perpustakaan. Oleh sebab itu pustakawan dituntut untuk memiliki dan meningkatkan berbagai kompetensi yang dimiliki agar perpustakaan dapat terus eksis.

 

“Kreativitas, inovasi, ide dan upaya-upaya yang dilakukan oleh seorang pustakawan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah perpustakaan,” katanya.

Menurutnya, di era digital saat ini keberadaan perpustakaan mengalami tantangan yang cukup kompleks. Ditengah lautan informasi yang berkembang dinamis dan tidak terbatas, perpustakaan diyakini tidak akan memiliki eksistensi jika tidak menyahuti perkembangan zaman.

“Diera revolusi 4.0 seperti saat ini, perpustakaan mengalami banyak perubahan. Perpustakaan saat ini tidak lagi hanya sebagai lembaga yang mengumpulkan buku-buku dan menunggu kehadiran pemustaka datang ke perpustakaan untuk menggunakan koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan, tetapi juga harus berperan aktif menunjukkan fungsinya sebagai pusat informasi, kolaborasi, komunikasi dan penelitian,” tegas Rizal.

Plt Kepala Dispersip Banda Aceh, Muhammad Rizal, S.STP, M.Si juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Yusrawati S.IP, M.IP sebagai Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Banda Aceh untuk periode 2022-2024 dalam Musyawarah Daerah (Musda) I PD IPI Kota Banda Aceh yang telah berlangsung pada 8 Januari 2022 Sabtu lalu.

“Kita berharap kepada ketua terpilih nantinya mampu mewujudkan peran tersebut dalam visi misi dan program kerja. Semoga IPI Kota Banda Aceh yang merupakan IPI Kabupaten/Kota perdana yang melaksanakan Musda menjadi pelopor dan model bagi IPI lainnya,” tutup Rizal.

#Dispersip

About DISPERSIP 90 Articles
MENJADIKAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA BANDA ACEH SEBAGAI PUSAT PENGETAHUAN DAN INFORMASI YANG GEMILANG DALAM BINGKAI SYARIAH