Perpustakaan Kelilling di Berbagai Sekolah

Banda Aceh – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh melakukan kegiatan rutinitas yaitu perpustakaan keliling seperti kemarin pada tanggal 23 Mei 2022 di Min 8 Banda Aceh, TK Salsabilah, dan hari ini di SDN 11 Banda Aceh, dan TK IT Subussalam.  Sambutan yang sangat antusias dari pihak sekolah dengan kedatangan Tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota banda aceh, Selasa  (24/05/2022).

Perpustakaan keliling ialah perpustakaan di mana bahan bacaan dibawa berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lain, pelayanan pada masyarakat dilaksanakan langsung di tempat dimana perpustakaan berpos, kemudian bahan bacaan yang tidak dipinjam dibawa pulang.

Perpustakaan Keliling di Min 8 Banda Aceh 

Perpustakaan Keliling di TK Salsabila

Perpustakaan Keliling di SDN 11 Banda Aceh

Perpustakaan Keliling di TK IT Subussalam

Tujuan adanya layanan Perpustakaan Keliling, adalah: (1) Memeratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat sampai daerah terpencil dan belum/tidak mungkin didirikan perpustakaan menetap. (2) Membantu perpustakaan umum dalam mengembangkan pendidikan informal kepada masyarakat. (3) Memperkenalkan buku-buku dan bahan pustaka lainnya kepada masyarakat. (4) Memperkenalkan jasa perpustakaan kepada masyarakat, sehingga tumbuh budaya untuk memanfaatkan jasa perpustakaan kepada masyarakat. (5) Meningkatkan minat baca dengan mengembangkan cinta buku pada masyarakat. (6) Mengadakan kerjasama dengan lembaga masyarakat sosial, pendidikan dan pemerintah daerah dalam meningkatkan kemampuan intelektual dan kultural masyarakat. (Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Keliling, 1992: 4).

Selain itu, tujuan perpustakaan keliling sejalan dengan komitmen Walikota Banda Aceh Bapak H. Aminullah Usman S.E., Ak., M.M yaitu akan memasyarakatkan literasi semakin kuat.

#Dispersip

 

About DISPERSIP 133 Articles
MENJADIKAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA BANDA ACEH SEBAGAI PUSAT PENGETAHUAN DAN INFORMASI DALAM BINGKAI SYARIAH