Zoom Meeting “Peningkatan Indeks Literasi masyarakat untuk kesejahteraan” dengan Perpustakaan Nasional RI

Banda Aceh – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh Kota diwakili oleh Sekretaris  Muchlis, ST.MT beserta Kasi Perpustakaan Muliana, S. Sos dan Pustakawan Musnahayati, S. Pd.I , bersama dengan Kodim 0101/BS Banda Aceh mengikuti zoom meeting yang digelar oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada hari Selasa tanggal 09 Agustus 2022.

Zoom Meeting tersebut dilaksanakan diruang rapat Sekretaris Daerah (SEKDA) Kota Banda Aceh dengan Tema “Penguatan Pertahanan dan Keamanan di Era Globalisasi Melalui Budaya Literasi” antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan Tentara Nasional Indonesia tahun 2022.

Sementara dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia zoom meeting  di hadiri oleh: Kepala Perpusnas RI Muhammmad Syarif Bando, Letjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah (wakil Gubernur Lemhanas), Marsda TNI Hesly Paat (Wakil Komandan Kodiklat TNI), Letkol ADM Abdurrahman Jamal (Kepala Mosium Satria Mandala).

Dalam sambutannya Muhammad Syarif Bando menyampaikan bahwa ada 5 tingkatan literasi terdiri dari: Menulis (menghitung dan pembentukan karakter), Akses bahan bacaaan terjangkau yang akurat, terkini, terlengkap dan terpercaya, Memahami apa yang tersirat dan tersurat, Memiliki dan kreativitas sebagai aspirasi terhadap perkembangan tehnologi informasi dan perubahan cepat, Memiliki kepampuan memproduksi barang jasa dan yang dapat digunakan dalam Kompetensi global (jadi produsen dan konsumen). Tapi ini tergantung dari cara kita memposisikannya, demikian ucap Syarif Bando.

Budaya literasi adalah suatu budaya di dalam masyarakat yang meliputi segala usaha manusia yang berkaitan dengan kegiatan membaca dan menulis. Komponen utama dalam pembentukan budaya literasi adalah kegiatan membaca, menulis dan berpikir kritis.Budaya literasi yang paling awal berkembang adalah pada anak secara individu yang dibentuk melalui tradisi membaca dan menulis yang diberikan oleh keluarga.

Diharapkan dengan adanya Peningkatan literasi serta penandatanganan Mou antara Perpusnas dengan TNI semakin memperkuat Literasi dan meningkatkan pemberdayaan Perpustakaan.

About DISPERSIP 133 Articles
MENJADIKAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA BANDA ACEH SEBAGAI PUSAT PENGETAHUAN DAN INFORMASI DALAM BINGKAI SYARIAH